Strategi dalam Meningkatkan “Language Skills”

v Speaking Skills (kemapuan berbicara)

Berbicara dalam bahasa inggris memang sangat sulit untuk di praktekkan oleh siswa yang baru mempelajari bahasa inggris. Siswa sering berpikir bahwa kemapuan berbicara bahasa inggris adalah acuan utama yang paling penting dalam mempelajari bahasa inggris. Kenyataannya adalah kemampuan berbicara ini adalah hal yang paling rumit untuk dipelajari. Di bawah ini beberapa strategi agar speaking skill ini menjadi lebih menarik.

1. Buatlah topic yang menarik.

Pada saat Anda sebagai guru di kelas yang mengajar bahasa inggris, dan sekaligus anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara siswa, anda dapat memilih sebuah topic, misalnya “the best experience”. Suruhlah siswa agar mau menceritakan sedikit tentang pengalaman mereka yang paling menarik, tentunya dalam bahasa inggris. Dalam hal ini penguasaan kosakata mereka mungkin tidak banyak, untuk itu mereka akan berusaha untuk mencari di kamus ataupun bertanya, sehingga mereka akan percaya diri untuk sedikit menceritakan pengalaman mereka dalam bahasa inggris.

2. Buatlah acara debat di kelas.

Mulailah dengan menyatakan satu pernyataan, kemudian tanyakan pada murid anda bagaimana pendapat mereka tentang pernyataan anda tersebut. Anda dapat mengumbarkan pernyataan yang sedang hangat di masyarakat. Mereka akan lebih tertarik dengan strategi ini dalam melatih kemampuan berbicara.

v Vocabulary (kosa kata)

Vocabulary adalah dasar dalam mempelajari suatu bahasa, sekaligus sebagai tombak untuk meningkatkan kemampuan bahasa lainnya seperti berbicara, dan menulis.

Untuk mengajar vocabulary, dapat dilakukan dengan memberikan media pembelajaran yang berisi animasi, misalnya memperkenalkan gambar binatang.

Gambar disamping dapat menjelaskan nama – nama binatang dalam bahasa inggris.

Atau anda dapat menampilkan gambar lucu seperti gambar di atas, untuk menarik perhatian murid anda.

Belajar kosakata yang di lakukan melaui audio visual dapat lebih bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Ayu Yuliantini - Free Blogger Templates, Free Wordpress Themes - by Templates para novo blogger HD TV Watch Shows Online. Unblock through myspace proxy unblock, Songs by Christian Guitar Chords